Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » , » Pengajian Ramadhan MR: 6 Rahasia Allah Untuk Manusia

Pengajian Ramadhan MR: 6 Rahasia Allah Untuk Manusia


Begitu banyak hal yang Allah sembunyikan dari makhluk ciptaan-Nya. Beberapa hal bahkan dikatakan sebagai rahasia yang tak bisa ditebak secara pasti. Akan tetapi di balik misteri yang disembunyikan tersebut tentu ada hikmah luar biasa yang akan diperoleh manusia. 

Menurut Sayyidina Umar bin Khattab, ada enam perkara yang masih jadi misteri dan disembunyikan oleh Allah dari umat-Nya.

1. Allah Menyembunyikan Keridhoan-Nya Dalam Ketaatan kepada-Nya

Misteri pertama yang disembunyikan Allah SWT dari umat-Nya adalah, Dia menyembunyikan keridhoan-Nya dalam ketaatan kepada-Nya. Tujuan dari disembunyikannya hal tersebut adalah agar manusia bersungguh-sungguh dalam melaksanakan segala perintah yang diberikan oleh Allah dengan penuh ketaatan.

Maka dari itu, janganlah menyepelekan ketaatan walaupun perbuatan atau amalan tersebut merupakan perkara kecil. Sebab bisa jadi di sanalah terleta keridhoan Allah SWT kepada kita yang melaksanakannya. Bisa jadi, ketika anda menyingkirkan duri/ batu di jalan, amalan yang terlihat sepele itu bisa menyelamatkan anda dari siksa kubur, dan sebagainya.

2. Allah Menyembunyikan Murka-Nya Dalam Kemaksiatan seorang hamba-Nya

Tidak hanya menyembunyikan ridho-Nya dalam ketaatan seorang hamba, ternyata Allah SWT juga menyembunyikan kemurkaan-Nya dalam kemaksiatan yang dilakukan oleh seseorang. Hal ini bertujuan agar manusia menjauhi segala bentuk kemaksiatan dan merasa takut untuk terjerumus ke dalam kemaksiatan tersebut. 

Maka dari itu, tidak pantas bagi kita untuk meremehkan kemaksiatan walaupun dalam bentuk yang sangat kecil. Sebab bisa jadi, dari perbuatan kecil tersebut justru terletak murka Allah SWT yang dapat membuat kita terjerumus dalam api neraka di akhirat kelak. 


3. Allah menyembunyikan Lailatul Qadar dalam bulan Ramadan

Misteri selanjutnya yang disembunyikan oleh Allah yakni perihal malam Lailatul Qadar di bulan Ramadan. Sebagaimana di sebutkan dalam Hadist 'pahala ibadah sunnah di bulan Ramadhan sama dengan pahala ibadah wajib pada bulan selainnya dan agar bersungguh-sungguh dalam mencari Lailatul Qadar sebab nilainya lebih baik dari 1000 bulan (83 tahun 4 bulan)

Itulah sebabnya Allah SWT menyembunyikan kapan terjadinya malam Lailatul Qadar pada bulan Ramadan untuk melihat kesungguhan dari Umat untuk mendapatkannya lewat jalan beribadah kepada Allah Ta’ala. Walaupun banyak yang mengatakan bahwa Malam Lailatul Qadar jatuh pada malam-malam ganjil di 10 hari terakhir Ramadhan, tetapi Allah SWT tetap menyembunyikan dan tidak memberitahukan kepada kita agar kita mempersiakan diri sejak awal hingga akhir Ramadhan.

4. Allah Menyembunyikan Para Wali Di Antara Manusia

Allah SWT juga menyembunyikan para wali di antara manusia. Tujuannya adalah agar manusia saling menghormati dan tidak meremehkan orang lain. Apabila orang tersebut meremehkan orang lain, bisa jadi orang yang diremehkannya tersebut justru merupakan wali Allah. Maka dari itu, kita harus menghargai semua orang. 

Maka, lihatlah manusia dengan cara semacam ini:

Apabila ia lebih tua darimu, maka lihatlah dia sebagai orang yang lebih baik darimu karena ia memiliki amal yang lebih banyak dari mu. Disaat engkau belum lahir ke dunia, dia sudah melakukan amal-amal kebaikan seperti sholat, sedekah, dan lain sebagainya.

Apabila ia lebih muda darimu, maka lihatlah dia sebagai orang yang lebih baik darimu karena dosanya lebih sedikit darimu. Disaat dia belum lahir, engkau telah melakukan dosa seperti melalaikan kewajiban dan lalai dari berdzikir kepada Allah SWT.

5. Allah Menyembunyikan Kematian Dalam Umur

Misteri selanjutnya yang juga disembunyikan oleh Allah SWT dari manusia adalah Dia menyembunyikan kematian dalam umur orang tersebut. Tujuanya adalah agar semua manusia senantiasa mempersiapkan diri untuk menyambut kematian yang belum tahu kapan akan terjadinya dengan mengerjakan segala perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.

6. Allah Menyembunyikan 'Ash-Sholatul Wushta' (Sholat Yang Paling Utama) Dalam Salat Lima Waktu

Hal terakhir yang disembunyikan oleh Allah SWT dari umat manusia ialah Allah menyembunyikan ‘Ash-Sholatul Wushta’ atau salat yang paling utama di dalam salat lima waktu. Sholat Wustho adalah sholat yang berada ditengah-tengah dari 5 waktu sholat. Tergantung dari mana anda menghitungnya, Jika anda menghitung yang pertama dari sholat subuh, maka sholat wustho jatuh pada sholat ashar. Jika anda menghitung sholat pertama dari sholat ashar, maka sholat wustho jatuh pada sholat isya’ dan seterusnya. Sholat Wustho ini disembunyikan agar seorang muslim dapat memelihara semua shalat wajibnya dan tidak meremehkan satu di antaranya. 



Keterangan dari Ust. M. Ridwan Dalam Pengajian Ramadhan Musholla RAPI malam 23 Ramadhan 1438 H
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger