Rasulullah
shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda :
صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ، أَحْتَسِبُ عَلَى اللهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِيْ قَبْلَهُ، وَ السَّنَةَ الَّتِيْ بَعْدَهُ
صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ، أَحْتَسِبُ عَلَى اللهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِيْ قَبْلَهُ، وَ السَّنَةَ الَّتِيْ بَعْدَهُ
“Puasa pada hari ‘Arafah, aku berharap kepada Allah agar menghapuskan
(dengannya) dosa-dosa pada tahun lalu dan tahun yang akan datang”.
Imam An-Nawawiy rahimahullah berkata :
قوله صلى الله عليه وسلم: "صيام يوم عرفة أحتسب على الله أن يكفر السنة التي قبله والسنة التي بعده" معناه يكفر ذنوب صائمه في السنتين، قالوا: والمراد بها الصغائر،
قوله صلى الله عليه وسلم: "صيام يوم عرفة أحتسب على الله أن يكفر السنة التي قبله والسنة التي بعده" معناه يكفر ذنوب صائمه في السنتين، قالوا: والمراد بها الصغائر،
“Sabda beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam: ‘Puasa pada hari ‘Arafah, aku
berharap kepada Allah agar menghapuskan (dengannya) dosa-dosa pada tahun lalu
dan tahun yang akan datang’; maknanya adalah menghapuskan dosa-dosa bagi orang
yang berpuasa pada hari itu selama dua tahun. Mereka (para ulama) berkata,
Maksudnya adalah menghapus dosa-dosa kecil” [Syarh Shahih Muslim, 8/50-51].
قوله صلى الله عليه وسلم في يوم عرفة " يكفر السنة الماضية والمستقبلة " قال الماوردى في الحاوى فيه تأويلان (أحدهما) ان الله تعالي يغفر له ذنوب سنتين (والثانى) ان الله تعالي يعصمه في هاتين السنتين فلا يعص فيهما وقال السرخسي أما السنة الاولي فتكفر ما جرى فيها قال واختلف العلماء في معنى تكفير السنة الباقية المستقبلة وقال بعضهم معناه إذا ارتكب فيها معصية جعل الله تعالي صوم يوم عرفة الماضي كفارة لها كما جعله مكفرا لما في السنة الماضية وقال بعضهم معناه ان الله تعالي يعصمه في السنة المستقبلة عن ارتكاب ما يحتاج فيه إلى كفارة
قوله صلى الله عليه وسلم في يوم عرفة " يكفر السنة الماضية والمستقبلة " قال الماوردى في الحاوى فيه تأويلان (أحدهما) ان الله تعالي يغفر له ذنوب سنتين (والثانى) ان الله تعالي يعصمه في هاتين السنتين فلا يعص فيهما وقال السرخسي أما السنة الاولي فتكفر ما جرى فيها قال واختلف العلماء في معنى تكفير السنة الباقية المستقبلة وقال بعضهم معناه إذا ارتكب فيها معصية جعل الله تعالي صوم يوم عرفة الماضي كفارة لها كما جعله مكفرا لما في السنة الماضية وقال بعضهم معناه ان الله تعالي يعصمه في السنة المستقبلة عن ارتكاب ما يحتاج فيه إلى كفارة
“Sabda beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam mengenai hari ‘Arafah : ‘dapat
menghapus dosa-dosa tahun lalu dan tahun yang akan datang’ ;
Berkata
Al-Maawardiy dalam Al-Haawiy bahwasannya hadits ini mempunyai dua penafsiran.
Pertama, Allah ta’ala mengampuni dosa-dosanya selama dua tahun;
Kedua, Allah
ta’ala menjaganya untuk tidak berbuat dosa selama dua tahun.
As-Sarkhaasiy
berkata : ‘Adapun tahun pertama, maka dosa-dosanya akan diampuni’. Ia
melanjutkan : ‘Para ulama berbeda pendapat mengenai makna penghapusan dosa di
tahun selanjutnya (tahun depan).
Sebagian mereka mengatakan, maknanya adalah
bila seseorang melakukan maksiat pada tahun itu, Allah ta’ala akan menjadikan
puasa di hari ‘Arafah yang ia lakukan di tahun lalu sebagai penghapus,
sebagaimana ia menjadi penghapus dosa di tahun sebelumnya. Sebagian ulama lain
mengatakan bahwa maknanya adalah Allah ta’ala menjaganya dari melakukan dosa di
tahun depan” [Al-Majmu’ Syarhul-Muhadzdzab, 6/381].
Ash-Shan’aniy rahimahullah berkata :
Ash-Shan’aniy rahimahullah berkata :
استشكال تكفير ما لم يقع، وهو ذنب السنة الآتية، وأجيب بأن المراد أنه يوفق فيها لعدم الإتيان بذنب؛ وسماه تكفيراً لمناسبة الماضية، أو أنه إن أوقع فيها ذنباً، وفق للإتيان بما يكفره.
“Sulit diterima penghapusan dosa yang belum terjadi, yaitu dosa tahun yang akan
datang. Pendapat itu dibantah dengan alasan bahwa yang dimaksudkan adalah bahwa
ia diberi taufiq pada tahun yang akan datang untuk tidak melakukan dosa. Hanya
saja itu dinamai penghapusan untuk penyesuaian dengan istilah tahun lalu. Atau
bahwa jika dia melakukan dosa tahun yang akan datang, maka ia diberi taufiq
untuk melakukan sesuatu yang akan menghapuskannya” [Subulus-Salaam, 2/461].
http://www.facebook.com/note.php?note_id=440300743099 oleh Mbah Jenggot
Posting Komentar