Hukum menggerak-gerakkan jari telunjuk saat tasyahud adalah makruh, kecuali menurut Imam Malik (madzhab malikiyyah )
قَوْلُهُ : ( وَلَا يُحَرِّكُه َا ) لِأَنَّهُ مَكْرُوهٌ خِلَافًا لِلْإِمَام ِ مَالِكٍ رَحِمَهُ اللَّهُ تَعَالَى .قَوْلُهُ : ( لِمَا قَامَ إلَخْ ) وَهُوَ أَنَّ الْمَطْلُو بَ فِي الصَّلَاةِ عَدَمُ الْحَرَكَة ِ ، أَوْ لِأَنَّ التَّحْرِي كَ يُذْهِبُ الْخُشُوعَ ، وَتَحْرِيك ُهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَهَا لِبَيَانِ الْجَوَازِ .
(Dan janganlah digerak-ge rakkan) karena hukumnya makruh berbeda menurut Imam malik rh karena menggerak- gerakkanny a menyalahi tujuan shalat (tenang) atau karena dapat menghilang kan kekhusyuan , sedang gerakan jari rasulullah SAW saat tahiyyah (dimungkin kan) hanya sekedar menerangka n kebolehannya. (Hasyiyah al-Qolyubi II/370).
Adapun dalam madzhab Syafi'i penjelasan nya sebagaiman a dalam kitab Majmu juz III halaman 434:
وهل يحركها عند الرفع بالإشارة ؟ فيه أوجه ( الصحيح ) الذي قطع به الجمهور أنه لا يحركها
، فلو حركها كان مكروها ولا تبطل صلاته ; لأنه عمل قليل
( والثاني ) يحرم تحريكها ، فإن حركها بطلت صلاته ، حكاه عن أبي علي بن أبي هريرة وهو شاذ ضعيف
( والثالث ) يستحب تحريكها ، حكاه الشيخ أبو حامد والبندنيجي
والقاضي أبو الطيب وآخرون . وقد يحتج لهذا بحديث وائل بن حجر رضي الله عنه
{ أنه وصف صلاة رسول الله صلى الله عليه وسلم وذكر وضع اليدين في التشهد
قال ثم رفع أصبعه فرأيته يحركها يدعو بها } رواه البيهقي بإسناد صحيح
قال البيهقي يحتمل أن يكون المراد بالتحريك الإشارة بها لا تكرير
تحريكها ، فيكون موافقا لرواية ابن الزبير ، وذكر بإسناده الصحيح عن ابن
الزبير رضي الله عنهما { أن النبي صلى الله عليه وسلم كان يشير بأصبعه إذا
دعا لا يحركها } رواه أبو داود بإسناد صحيح
Apakah orang shalat menggerakk an jari telunjuk ketika mengangkat nya dengan berisyarah
Dalam hal ini ada beberapa wajah. Pend apat yang shahih yang ditetapkan oleh Jumhur, orang shalat tidak menggerakk anya (maksudnya tidak dianjurkan / disunnahkan mengerak-gerakkkan jari telunjuk).
، فلو حركها كان مكروها ولا تبطل صلاته ; لأنه عمل قليل
Maka jika dia mengerak-g erakkannya maka itu hukumnya makruh, shalatnya tidak batal, karena itu pekerjaan yang sedikit.
( والثاني ) يحرم تحريكها ، فإن حركها بطلت صلاته ، حكاه عن أبي علي بن أبي هريرة وهو شاذ ضعيف
Pendapat kedua, Haram mengerak-gerakkannya, jika dia menggerakkannya maka shalatnya batal. Pendapat kedua ini menceritakan dari Abu Ali ibn Abu Hurairah. Pendapat ini syadz lagi dha'if
والثالث ) يستحب تحريكها ، حكاه الشيخ أبو حامد والبندنيجي
والقاضي أبو الطيب وآخرون . وقد يحتج لهذا بحديث وائل بن حجر رضي الله عنه
{ أنه وصف صلاة رسول الله صلى الله عليه وسلم وذكر وضع اليدين في التشهد
قال ثم رفع أصبعه فرأيته يحركها يدعو بها } رواه البيهقي بإسناد صحيح
Pendapat ketiga, Sunnah menggerak-gerakkannya. Pendapat ini diceritakan oleh Syeikh Abu Hamid , Qadhi Abuththayyib dan yang lainnya. Pendapat ini berhujjah dengan hadits Waa`il ibn Hujr radhiyallaahu 'anhu bahwasanya dia mensifati shalat Rasulullah shallallaahu 'alaihi wasallam , dia menuturkan (Rasulullah) meletakkan dua tangan beliau dalam tasyahhud.Dia berkata: Kemudian Rasulullah mengangkat telunjuknya, aku melihatnya beliau mengerakkannya, beliau berdoa dengannya (HR Al Baihaqi dengan isnad yang shahih)
قال البيهقي يحتمل أن يكون المراد بالتحريك الإشارة بها لا تكرير
تحريكها ، فيكون موافقا لرواية ابن الزبير ، وذكر بإسناده الصحيح عن ابن
الزبير رضي الله عنهما { أن النبي صلى الله عليه وسلم كان يشير بأصبعه إذا
دعا لا يحركها } رواه أبو داود بإسناد صحيح
Imam Baihaqi berkata Dimungkink an yang dikehendak i dengan Tahrik (menggerak kan) adalah berisyarat dengannya, bukan mengulang- ulang (dalam) menggerakk annya , dengan demikian cocok dengan riwayat Ibnuzzubai r "Sesungg uhnya Nabi shallallaa hu 'alaihi wasallam berisyarat dengan jari telunjuk ketika beliau berdoa, beliau tidak menggerakk annya" (HR Abu Dawud dengan isnad yang shahih ).
Ust. Masaji Antoro dan Abdullah Afif dalam PISS KTB
Posting Komentar