Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Cara Berlatih Menjadi Orang Yang Sabar

Cara Berlatih Menjadi Orang Yang Sabar

Manusia diciptakan Allah dengan berbagai macam bentuk dan karakternya, ada yang bersifat baik adapula yang bersifat kurang baik, manusia adalah pribadi yang sempurna, makhluk yang diciptakan Allah dengan akal dan pikiran, pada dasarnya sifat-sifat manusia mudah dibentuk sesuai dengan kondisi keadaan dan lingkungannya, dalam teori sosiologi politik; manusia cenderung hidup dan berkarakter sesuai dengan keadaan iklim dimana dia tinggal, ada beberapa sifat-sifat yang baik pada manusia seperti Sabar merupakan satu sifat yang mulia. 

Dengan sifat sabar kita bisa merubah lawan menjadi teman, Orang-orang yang sabar mempunyai keuntungan yang besar, dengan bersabar kita bisa menentukan pekerjaan apapun menjadi sempurna, seperti yang terkandung dalam kalimat bijak berikut ini: 

“Assobru yu’inu ‘ala kulli ‘amalin’’.
sabar itu dapat menolong segala pekerjaan.

Untuk menjadi orang yang sabar maka ada beberapa yang harus di lakukan di antaranya adalah sebagai berikut:

1.    Bersabar dengan niat untuk ibadah.

Jika segala sesuatu yang kita kerjakan tidak desertai dengan ikhlas  dan sabar, maka sesuatu itu akan sia-sia, hendaklak perbuatan yang dilakukan didasari niat untuk ibadah karena itulah uang menjadi keutamaan sebagai pangkal manusia dapat mengendalikan sifatnya yang tidak baik dan apabila tidak, sesuatu itu akan menyebabkan efek yang tidak menyenangkan, seperti terkandung dalam firman Allah, “Tetapi orang yang bersabar dan mema’afkan, sesungguhnya (perbuatan ) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan“ . (Q.S. Asy Syuura: 43)

2.   Mudah memaafkan kesalahan orang lain.

Sesungguhnya Allah maha pemaaf, seyogyanya manusia pun bersifat mudah memaafkan, agar segala sesuatu yang kita kerjakan melahirkan sesuatu yang baik dan bermanfaat, seperti termaktub, “Jika kamu melahirkan sesuatu kebaikan atau menyembunyikan atau memaafkan sesuatu kesalahan (orang lain), maka sesungguhnya Allah Maha Pema’af lagi Maha Kuasa.“ ( Q.S. An-Nisa: 149)

3.    Tidak mudah tersinggung.

Salah satu perangai yang baik pada sifat manusia adalah tidak mudah tersinggung, seperti cerita pendek dikisahkan oleh sahabat nabi berikut ini adalah menjadi sebab diturunkannya ayat Al-Quran: Ketika Abu Bakar tersinggung pada kerabatnya yang turut menyiarkan fitnah terhadap anaknya Aisyah dan ingin menghentikan bantuan, dan Allah berfirman, “Dan janganlah orang-orang yang mempunyai kelebihan dan kelapangan di antara kamu bersumpah bahwa mereka (tidak) akan memberi (bantuan) kepada kaum kerabat(nya), orang-orang yang miskin dan orang-orang yang berhijrah pada jalan Allah, dan hendaklah mereka mema’afkan dan berlapang dada. Apakah kamu tidak ingin bahwa Allah mengampunimu? Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang’’.  (Q.S. An Nuur: 122)

4.    Tidak mencaci orang lain.

Perbuatan mencela sesungguhnya dibenci, dan janganlah memeliharanya, karena perbuatan mencaci adalah melahirkan kebencian dan sakit hati, dan hendaklah menghindari dan lebih baik untuk berterus terang, dan Allah ber-firman tidak menyukai ucapan buruk seperti terkandung berikut ini: “Allah tidak menyukai ucapan buruk, (yang diucapkan) dengan terus terang kecuali oleh orang yang dianiaya. Allah adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui“. (Q.S. An Nisa: 148) 

5.     Tidak mudah marah.

Allah menyuruh kita sabar dan melarang kita marah meski kita dalam keadaan benar seperti dikisahkan oleh cerita nabi Yunus bagaimana Allah mengecam Nabi Yunus yang marah kepada ummatnya yang jelas-jelas kafir seperti terkandung dalam firman Allah berikut ini: “Maka bersabarlah kamu (hai Muhammad) terhadap ketetapan Tuhanmu, dan janganlah kamu seperti orang yang berada dalam (perut) ikan ketika ia berdoa sedang ia dalam keadaan marah (kepada kaumnya).“ (Q.S. Al Qalam:48)



Lazuardi Birru
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger