ﻭﻋﻈﻢ ﺍﻟﻤﻴﺘﺔ ﻭﺷﻌﺮﻫﺎ ﻧﺠﺲ ﺇﻻ ﺍﻵﺩﻣﻲ .
ﻭﻻ ﻳﺠﻮﺯ ﺍﺳﺘﻌﻤﺎﻝ ﺃﻭﺍﻧﻲ
ﺍﻟﺬﻫﺐ ﻭﺍﻟﻔﻀﺔ ﻭﻳﺠﻮﺯ ﺍﺳﺘﻌﻤﺎﻝ ﻏﻴﺮﻫﻤﺎ ﻣﻦ ﺍﻷﻭﺍﻧﻲ.
Kulit bangkai dapat
suci dengan disamak kecuali kulit
anjing, babi dan hewan yang terlahir dari keduanya atau dari salah
satunya.
Adapun tulang dan rambut bulu bangkai itu najis kecuali
tulang dan rambut mayat manusia. Tidak boleh menggunakan wadah yang terbuat
dari emas dan perak. Boleh menggunakan
wadah-wadah lain yang selain dari wadah emas dan perak.
Kulit bangkai bisa suci dengan cara di samak sama juga
binatang yang dimakan dagingnya atau tidak. Tata cara menyamak menggunakan
barang yang bisa menghilangkan darah atau sejenisnya, dengan menggunakan suatu
yang sepet atau kesat, seperti kayu trenggali walaupun yang digunakan itu najis
seperti kotoran burung merpati maka barang tersebut sudah dapat digunakan untuk
menyamak.
Adapun tatacara menyamak yaitu:
1. Menghilangkan sisa daging dan bau bacin sedangkan cara
manghilangkan bau bacin tersebut dengan menghilangkan darah atau daging yang
menempel di kulit.
2. Memakai sesuatu yang mempunyai rasa kesat atau sepet.
3. Kulit anjing dan kulit babi tidak bisa suci walaupun
sudah di samak
Yang menjadi pertanyaan adalah apakah dengan sucinya kulit
bangkai tersebut juga menjadi halal
ketika di makan?
Memakan kulit bangkai yang sudah disamak bila dari hewan
yang halal dimakan menurut Imam Rofi'iy dan Qoul Jadid dari Imam Syafi'iy
hukumnya boleh/halal sedangkan menurut Imam Nawawiy hukumnya tidak boleh/harom.
ثم إذا دبغ الجلد طهر ظاهره قطعا وكذا باطنهعلى المشهور الجديد
فيصلي عليه و فيه ويستعمل في الأشياء اليابسة والرطبة ويجوز بيعه وهبته والوصية به،
وهل يجوز أكله من مأكول اللحم ؟ رجح الرافعي الجواز و رجح النووي التحريم. كفاية الأخيار
١/١٣ وإذا طهر الجلد بالدباغ جاز الإنتفاع به__وقال في الجديد يؤكل لأنه جلد طاهر من
حيوان مأكول فأشبه جلد المذكي وإن كان من حيوان لم يؤكل لم يحل أكله لأن الدباغ بأقوى
من الذكاة والذكاة لا تبيح ما لا يؤكل لحمه فلأن لا يبيحه الدباغ أولى. المهذب
Kitab Taqrib/Fathul Qorib
Posting Komentar